Drone DJI Mavic Mini Ringan, Berkualitas dan Murah [Februari 2021]

64
views

Baru – baru ini DJI kembali memperkenalkan produk drone terbarunya di lini Mavic. Diberi nama “DJI Mavic Mini”, drone tersebut tidak hanya dibekali dengan fitur canggih yang komplit, juga digadang – gadang sebagai salah satu drone murah yang wajib Anda miliki. Memiliki bobot hanya 249 gram, ini merupakan salah satu kelebihan menonjol yang dimiliki oleh DJI Mavic Mini. Jangan heran jika Mavic Mini disebut sebagai drone DJI paling ringan.

Bagi produsen asal Tiongkok tersebut, bobot untuk sebuah drone menjadi salah satu yang paling penting. Bagaimana tidak, untuk bisa mengoperasikan drone dengan bobot 250 gram – 25 kg butuh izin khusus. Peraturan yang sama juga diterapkan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Itu artinya, untuk mengoperasikan drone DJI Mavic Mini Anda tidak perlu ribet mengurus surat perizinan tersebut.

Tertarik untuk beli DJI Mavic Mini? Simak dulu review DJI Mavic Mini selengkapnya berikut ini.

DJI Mavic Mini, Drone DJI Paling Ringan dan Murah

Soal harga, drone DJI paling ringan ini benar – benar dibanderol dengan harga murah. Untuk memboyong satu buah drone merk DJI baru tersebut Anda hanya butuh dana sebesar USD 399 atau sekitar Rp 5.5 juta rupiah. Tetapi apabila Anda ingin membeli paket Fly More Combo, maka Anda akan mendapatkan pelindung baling – baling. Tak perlu khawatir, sebab pelindung baling – baling ini selain bisa dipasangkan dengan mudah juga memiliki bobot yang kurang dari segram.

Tidak hanya unggul karena memiliki bobot cukup ringan, ada beberapa spesifikasi drone DJI Mavic Mini yang tidak kalah pentingnya untuk Anda ketahui. Drone tersebut hadir dengan sensor CMOS yang berukuran 1/2.3 inch. Sementara itu untuk lensanya sendiri, DJI ternyata sudah membekalinya dengan lensa Focal Length yang setara dengan 24 mm dan memiliki FoV hingga 83 derajat. Lalu untuk diafragmanya sendiri, yakni Fixed di angka f/2.8.

Selain disebut sebagai drone DJI paling ringan, DJI Mavic Mini ternyata juga memiliki ukuran yang sangat mini sekali. Jangan heran kalau resolusi video yang ditawarkan DJI pada Mavic Mini juga turut dipangkas. Jika pada drone Mavic lainnya sudah mendapat dukungan kualitas 4K, maka pada drone DJI Mavic Mini ini Anda hanya akan mendapatkan dukungan resolusi 2.7K per 30p dan 1080 per 30p.

Meskipun demikian, angka tersebut tidak sama sekali membuat hasil video yang direkam jelek. Kualitas video yang didapatkan sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan video standar mengingat harga DJI Mavic Mini yang cukup murah. Namun demikian, bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan video dengan kualitas bagus dan mulus, beruntung sebab pada DJI Mavic Mini sudah ada gimbal kamera yang menggunakan stabilisasi 3-Axis.

Khususnya untuk jenis drone DJI paling ringan tersebut, produsen ternyata cukup impresif soal catu daya. Lihat saja, DJI Mavic Mini sudah dibekali dengan daya baterai lumayan besar, yakni sekitar 2.600 mAh. Drone DJI Mavic Mini dikatakan mampu terbang hingga 30 menut untuk sekali charge. Sementara itu untuk jangkauan maksimum, remote control opsional bisa dongkrak jarak pengoprasian hingga 4 km.

Spesifikasi DJI Mavic Mini

  • Mavic Mini Camera Specifications
  • Sensor: 1/2.3″ CMOS
  • Pixels: 12 million
  • Lens FOV: 83°
  • Aperture: f/2.8
  • Electronic Shutter Speed: – 1/8000s
  • Still Image Size: 4:3 (4000 × 3000)
  • Still Image Size: 16:9 (4000 x 2250)
  • Max Video Bit Rate: 40 Mbps
  • Photo Format: JPEG
  • Video Format: MP4 (H.264/MPEG-4 AVC)

Mavic Mini ISO Range

  • Video: 100 – 3200
  • Photo: 100 – 1600 (auto)
  • Photo: 100 – 3200 (manual)
  • Mavic Mini Still Photography Modes
  • Single shot Interval – JPEG: 2/3/5/7/10/15/20/30/60s

Mavic Mini Video Resolution

  • 2.7k: 2720 × 1530 at /25/30p
  • FHD: 1920 × 1080 at 25/30/50/60p

Review Remote control dari DJI Mavic Mini

Berbicara lebih lanjut mengenai remote control dari DJI Mavic Mini dengan memiliki Spark, yang berarti juga bisa dilipat dengan mudah layaknya bodi DJI Mavic Mini. Smartphone yang Anda miliki pun bisa ditancapkan di bagian bawah dan dioperasikan pula sebagai Live View. Sama seperti drone DJI sebelum – sebelumnya, pada DJI Mavic Mini juga terdapat tombol di sebelah kiri yang berfungsi sebagai record video.

Lalu ada pula tombol sebelah kanan yang bisa digunakan untuk mengambil foto. Beda halnya dengan Spark, remote controller yang ada dalam paket pembelian DJI Mavic Mini ternyata sudah bukan opsional lagi, dimana sebelumnya Anda bisa operasikan drone DJI Spark ternyata hanya menggunakan smartphone. Hal ini tidak lain bertujuan agar faktor keamanan sinyal tetap terjaga. Tapi juga harus diingat, ketika bepergian akan memakan ruang untuk bodi drone dan remotenya.

Meskipun demikian, DJI Mavic Mini masih dapat dikatakan memiliki ukuran yang ringkas, sehingga menjadi salah satu faktor yang patut dipertimbangkan. Menariknya, DJI Mavic Mini ternyata banyak direkomendasikan oleh para content creator, terutama bagi mereka yang sering bepergian jauh. Jika biasanya harus menambah ruang di dalam tas ketika akan membawa drone, namun dengan DJI Mavic Mini ini Anda tak perlu mengkhawatirkan lagi masalah tersebut.

Pada saat DJI Mavic Mini dilipat, drone tersebut memiliki dimensi 140 x 82 x 57 mm. Ukuran ini memang sedikit lebih besar, tetapi tidak lebih berat dibandingkan smartphone berukuran 6.5 inch zaman sekarang. So, DJI Mavic Mini masih sangat praktis banget untuk Anda bawa kemana pun!

Apa Saja Fitur Unggulan Drone DJI Mavic Mini?

Membahas mengenai fitur DJI Mavic Mini, drone ini ternyata memiliki resolusi kamera 12 MP dengan rentang ISO mulai dari 100 – 3.200. Sayang sekali, kamera yang disematkan DJI pada drone Mavic Mini barunya tersebut tidak menawarkan format RAW. Artinya, gambar yang dihasilkan hanya memiliki format JPEG. Tentunya yang demikian membuat para fotografer tidak bisa lebih leluasa lagi ketika mengedit gambar tanpa kompresi.

Meskipun disebut sebagai drone DJI paling ringan, DJI Mavic Mini terbilang cukup stabil digunakan dalam keadaan berangin. Bodi drone DJI baru ini tidak akan terbanting – banting layaknya drone ringan murah lainnya. Aplikasi yang disematkan pada DJI Mavic Mini akan secara otomatis memberi peringatan mengenai angin tersebut, tetapi video yang dihasilkan akan tetap mulus.

Layaknya sebuah produk drone dari merk ternama, aplikasi yang menjadi interface pengguna ketika akan mengoperasikan drone DJI Mavic Mini sangat simpel, sederhana, dan mudah. Ketika pertama kali Anda Log-In, Anda akan langsung disuguhkan dengan tutorial dan panduan setup. Anda juga akan diminta untuk mendownload Flight Safety terbaru. Tetapi jangan lupa untuk mengunci lokasi GPS Anda agar DJI Mavic Mini bisa tahu titik pulang andai saja remote nanti disconnect. Sayangnya, drone DJI Mavic Mini tidak bisa untuk object tracking bahkan meski DJI sudah melengkapinya dengan Quickshots seperti yang dimiliki DJI Mavic Air.

Quickshots akan memungkinkan pengguna untuk mendapatkan video yang lebih bagus, layaknya Orbital Movement. Dimana drone mengelilingi suatu objek secara smooth. Caranya mudah sekali, Anda hanya perlu memilih salah satu opsi Quickshots yang ada. Sementara itu untuk kontrol terhadap hasil foto dan videonya sendiri masih sama seperti drone DJI lainnya. Dimana Anda bisa mensetting Electronic Shutter Speed, IPS, ISO, Resolusi, dan lain sebagainya.

Nah, itu dia review singkat DJI Mavic Mini terbaru 2021, drone DJI paling ringan dan murah. Semoga informasinya bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here