Ini Dia Keunggulan Drone DJI Mavic Air vs Mavic Mini yang Harus Kamu Tahu

27
views

Drone DJI Mavic Air vs Mavic Mini Ingin beli drone baru? Bingung pilih DJI Mavic Air atau Mavic Mini? Berikut adalah rangkuman keunggulan drone DJI Mavic Air vs Mavic Mini yang harus Anda tahu untuk kemudian Anda jadikan bahan pertimbangan ketika akan membeli drone baru.

DJI adalah salah satu perusahaan drone terbaik di dunia yang berasal dari Tiongkong. Diketahui sudah sejak lama, DJI memproduksi drone – drone unggulan mereka yang dibekali dengan berbagai fitur baru dan canggih. Hampir di setiap tahunnya, DJI selalu memperkenalkan produk drone teranyarnya yang sudah pasti tampil dengan wajah baru. Mavic Air dan Mavic Mini adalah produk drone terbaru yang merupakan penawaran menarik untuk Anda miliki, terutama bagi para content creator yang tidak ingin direpotkan dengan banyak bawaan saat bepergian.

Keunggulan Drone DJI Mavic Air vs Mavic Mini yang Harus Kamu Tahu

Berbicara mengenai keunggulan drone DJI Mavic Air vs Mavic Mini, pada dasarnya setiap produk drone buatan produsen asal Tiongkok tersebut masing – masing memiliki keunggulan dan kekurangan sendiri. Misalnya pada DJI Mavic Mini yang diproduksi secara khusus untuk segmen entry level. Jadi, apabila Anda termasuk salah satu pilot drone pemula atau fotografer yang ingin naik kelas, DJI Mavic Mini menjadi produk drone yang paling cocok untuk Anda miliki. Namun sebelumnya, DJI sudah memiliki varian drone murah, yakni DJI Mavic Air, Lantas, apa saja keunggulan drone DJI Mavic Air dan Mavic Mini?

Dimensi

Perbedaan yang cukup terlihat sudah pasti ada pada bagian dimensi drone. Pada saat Anda mencoba melipat drone DJI Mavic Mini ternyata memiliki dimensi yang berukuran 140 x 82 x 57 mm. Ukuran ini memang terlihat sedikit lebih besar, tetapi tidak lebih berat dibandingkan dengan sebuah smartphone yang berukuran 6.5 inch zaman sekarang. Artinya, drone DJI Mavic Mini masih sangat praktis dan ringan banget untuk Anda bawa kemana pun. Pas banget nih untuk Anda miliki, terutama bagi Anda yang hobi travelling.

Sementara itu pada drone DJI Mavic Air sendiri memiliki dimensi berukuran 168 x 82 x 49 mm. Memang tidak terlalu signifikan, tetapi pada saat membicarakan mengenai bobot pastinya akan langsung terasa perbedaan kedua drone merk DJI tersebut. Bagaimana tidak, DJI Mavic Air memiliki bobot 430 gram, sementara itu untuk drone Mavic Mini sendiri hanya memiliki bobot 249 gram. Soal bobot, DJI Mavic Mini sepertinya boleh berbangga hati.

Jika dilihat pada peraturan yang tercantum di FAA (Federation Aviation Administration) Amerika Serikat, untuk bisa mengoperasikan drone dengan bobot sekitar 250 gram hingga 25 kg harus memiliki izin. Peraturan yang sama pun diterapkan di berbagai negara, tak terkecuali Indonesia. Jadi, apabila Anda ingin mengoperasikan DJI Mavic Air Anda tidak perlu mengurus izin tersebut, yang artinya waktu Anda tidak akan terbuang secara sia – sia hanya untuk keperluan pengurusan perizinan pengoperasian sebuah drone.

Kualitas Kamera

Jika pada kebanyakan drone milik DJI selalu dibekali dengan resolusi kamera yang berbeda, lain halnya pada kedua drone DJI seri Mavic ini. Baik DJI Mavic Air atau pun Mavic Mini sama – sama menggunakan sensor CMOS berukuran 1/2.3 inch dengan resolusi 12 MP. Lalu untuk lensa kameranya sendiri, DJI Mavic Mini dibekali dengan lensa Focal Length yang setara 24 mm dan memiliki FoV hingga 83 derajat. Sementara itu untuk diafragmanya sendiri Fixed dan ada di angka f/2.8.

Pada DJI Mavic Air ternyata sedikit berbeda dengan FoV 85 derajat. Mavic Mini bahkan hanya mentok di resolusi 2.7K per 30p dan 1080 per 60p. Meskipun angka tersebut tidak sama sekali jelek, tetapi kualitas video yang mampu dihasilkan drone DJI Mavic Air bisa dikatakan sudah lebih dari cukup, terutama untuk kebutuhan video standar.

Untungnya, drone DJI Mavic Air sudah dibekali dengan kemampuan yang cukup lengkap untuk urusan ini, lihat saja pada bagian jeroan drone tersebut sudah tersemat resolusi 2.7K 60fps, 4K 3fps, 1080p 120fps, dan 720 120fps. Lanjut pada DJI Mavic Mini yang mampu digunakan untuk merekam video dengan bitrate hingga 40 Mbps. Sementara itu pada DJI Mavic Air sendiri hanya mencapai 100 Mbps saja.

Sementara itu untuk still imagenya sendiri, DJI Mavic Mini ternyata hanya menawarkan format JPEG. Lalu pada DJI Mavic Air memiliki format RAW yang sudah pasti jauh lebih fleksibel ketika Anda akan melakukan pengeditan untuk hasil foto maupun video yang Anda hasilkan.

Durasi Terbang

Khususnya untuk jenis drone sekecil ini, DJI Mavic Mini ternyata cukup impresif sekali mengenai catu daya. Bagaimana tidak, DJI sudah membekalinya dengan baterai sebesar 2.600 mAh. Drone DJI Mavic Mini dikatakan memiliki kemampuan terbang hingga 30 menit lamanya. Lalu untuk jangkauan maksimum sendiri, remote control opsional yang dimiliki mampu mendongkrak jarak pengoperasian hingga 4 km.

Kemudian pada DJI Mavic Air sendiri yang memiliki bobot lebih berat hanya memiliki kemampuan terbang hingga 20 menit saja. Jelas, DJI Mavic Mini lebih unggul disini. Namun, dari segi ukuran dan waktu terbang yang lebih lama tersebut ternyata ada beberapa fitur yang dengan terpaksa harus dipangkas.

Ya, meskipun memiliki bobot yang tergolong ringan, DJI Mavic Mini terbilang cukup stabil untuk digunakan dalam kondisi berangin sekalipun. Kecepatan terbang maksimum bisa mencapai 47 km per jam, sementara itu DJI Mavic Air sendiri memiliki kecepatan hingga 68 km per jam.

Fitur yang Tersedia

Seperti yang sudah kami singgung di atas, ada beberapa fitur yang dipangkas pada DJI Mavic Mini, salah satunya adalah sistem Obstacle Avoidance. Apabila Anda memilih untuk membeli DJI Mavic Air maka Anda akan mendapatkan beberapa sensor yang cukup lengkap. Dimana sensor tersebut berfungsi untuk menghindarkan drone dari insiden tabrakan. Sensor ini disematkan di bagian depan, bawah, dan belakang drone.

Sementara itu pada DJI Mavic Mini sendiri hanya memiliki dua buah sensor Vision Positioning yang diletakkan di bagian bawah drone. Fitur tersebut berfungsi apabila Anda mengoperasikannya di dalam ruangan dan bisa tetap hover meskipun tanpa GPS. Baik pada DJI Mavic Air maupun Mavic Mini sama – sama dibekali Gimbal 3-Axis dan memiliki jangkauan maksimum 4 km. Adapun fitur lain yang dipangkas pada DJI Mavic Mini adalah Follow Me.

Perbedaan Harga

Dari segi harga, DJI Mavic Mini ternyata dibanderol dengan harga lebih terjangkau. Untuk membeli DJI Mavic Mini Anda hanya perlu menyiapkan budget sebesar Rp 5.5 juta rupiah. Sementara itu untuk drone DJI Mavic Air dibanderol dengan harga sekitar Rp 11.3 juta rupiah.

Nah, itu dia beberapa keunggulan drone DJI Mavic Air vs Mavic Mini yang bisa kami informasikan kepada para pembaca semua, Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here