Tips Cara Memilih Proyektor Sesuai & Tepat Untuk Bisnis

171
views

Tips membeli Proyektor – Salah satu perangkat yang dibutuhkan untuk keperluan bisnis adalah proyektor. Alat ini dipergunakan untuk keperluan presentasi yang menampilkan gambar atau video dari perangkat PC atau laptop yang digunakan ke media tertentu seperti layar atau tembok agar terhasikan tampilan yang lebih besar. Keberadaan alat tentu saja penting, karena dalam sebuah bisnis terkadang dibutuhkan presentasi terkait bisnis yang akan berjalan atau sedang berjalan.

Setiap pelaku bisnis tentu sudah memahami kalau presentasi bisnis memiliki peranan yang sangat tepat dalam menunjang keberhasilan bisnis. Apalagi jika presentasi tersebut digunakan untuk meyakinkan calon rekan bisnis terkait proyek bisnis yang akan dijalankan bersama. Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan membagikan informasi tentang cara memilih proyektor terbaik untuk bisnis. Semoga artikel ini bisa memberikan gambaran yang tepat tentang proyektor seperti apakah yang paling tepat untuk keperluan bisnis Anda.

Berikut Tips Memilih Proyektor Terbaik

Kenali terlebih dahulu tipe proyektor

Cara pertama dari cara memilih proyektor terbaik untuk bisnis adalah dengan mengenali tipe-tipe proyektor yang ada. Dengan mengenali tipenya, Anda bisa mempertimbangkan tipe yang tepat untuk digunakan dalam keperluan presentasi bisnis Anda.

Ketahuilah bahwa saat ini ada tiga jenis teknologi yang digunakan pada proyektor. Ketiga teknologi tersebut adalah LCD, DLP, dan LCOS. Masing-masing dari ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai berikut :

  • Proyektor LCD
    Proyektor LCD mampu menghasilkan kualitas gambar yang jauh bagus dibandingkan DLP. Sayangnya, jika digunakan untuk mendapatkan resolusi yang besar terjadi screen door effect yang mengakibatkan piksel terlihat.
  • Proyektor DLP
    Meskipun tidak sebaik LCD, tingkat kecerahan dan akurasi warna yang terhasilkan pada proyektor DLP cukup baik. Sayangnya, DLP justru bisa bisa menimbulkan munculnya rainbow effect yang cukup mengganggu.
  • Proyektor LCOS
    Proyektor LCOS terhasilkan dari gabungan dari LCD dan DLP, sehingga kualitas tampilan yang dihasilkan oleh proyektor ini tidak perlu diragukan lagi.

 

Ketahui kebutuhan Proyektor Anda

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli jenis proyeotor tertentu, pastikan Anda betul-betul mengenali jenis proyektor yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk kebutuhan presentasi di ruangan yang besar, tentu saja jenis proyektor yang dibutuhkan adalah yang terbaik. Adapun untuk penggunaan di ruangan yang tergolong kecil, jenis proyektor yang dibutuhkan tidak harus yang terbaik, cukup yang memungkinkan untuk presentasi saja.

 

Tentukan kebutuhan brightness

Cara berikutnya dari cara memilih proyektor terbaik untuk bisnis adalah menentukan brightness yang sesuai dengan kebutuhan. Tentukan terlebih dahulu apakah proyektor tersebut nantinya digunakan di ruangan kantor, kelas, atau hall besar. Untuk kebutuhan di ruangan yang besar tentu saja membutuhkan kualitas brightness yang besar pula, yaitu berkisar 800-4.000 lumens.

Tentukan tempat penggunaan proyektor

Cara berikutnya dari cara memilih proyektor terbaik untuk bisnis adalah menentukan tempat penggunakan proyektor tersebut. Untuk penggunaan di sekolah atau kantor, proyektor yang terbaik adalah yang memiliki lumens lebih dari 2.000. Adapun untuk kebutuhan home theater, maka proyektor yang paling cocok adalah yang memiliki lumens ukuran 1.000 lumens.

Demikianlah informasi seputar cara memilih proyektor yang terbaik untuk bisnis pada artikel kategori tips dan cara carispesifikasi.com kali ini. Semoga artikel kali ini bisa membantu Anda dalam memilih jenis proyektor yang paling tepat untuk kebutuhan bisnis Anda. Jika jenis proyektornya tepat, tentu presentasi yang dilakukan untuk keperluan bisnis bisa berjalan dengan lancar dan menunjang keberhasilan bisnis yang sedang dijalankan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here