Review DJI Mavic Air 2, Drone Terbaik Bisa Terbang 34 Menit Loh

7
views

Berencana beli drone baru? DJI Mavic Air 2 layak banget untuk Anda pertimbangkan. Namun sebelum memutuskan untuk membeli, sebaiknya simak dulu review DJI Mavic Air 2 selengkapnya berikut ini.

Siapa yang tidak kenal perusahaan asal Tiongkok satu ini, DJI? Ya, baru – baru ini DJI kembali memperkenalkan drone barunya yang diberi nama sebagai DJI Mavic Air 2. Drone tersebut dihadirkan secara khusus sebagai seri penerus dari drone sebelumnya yang cukup mendulang kesuksesannya di pasaran. Menariknya, DJI Mavic Air 2 bukan sekadar drone biasa. Bagaimana tidak, drone tersebut dibekali dengan kemampuan terbang hingga 34 menit. Selain itu, DJI Mavic Air 2 juga memiliki controller baru dan beragam fitur lengkap.

Review DJI Mavic Air 2, Drone Terbaik Bisa Terbang 34 Menit

 

Berapa Harga Terbaru DJI Mavic Air 2

Baru dirilis secara resmi di pasaran, seperti apa review DJI Mavix Air 2? Dan, berapa harga DJI Mavic Air 2? Soal harga, developer drone DJI baru ini memang tidak membanderol produk terbarunya tersebut dengan harga murah. Untuk bisa memboyong drone DJI Mavic Air 2 Anda harus rela merogok kocek dalam – lama. Saat ini DJI Mavic Air 2 ditawarkan dengan harga dollar AS, yakni 799 dollar AS atau sekitar Rp 12 juta rupiah.

DJI Mavic Air 2 termasuk dalam kategori drone canggih mahal yang sudah bisa dipesan di pasaran Indonesia. Harga DJI Mavic Air 2 di Indonesia pun tak terlalu berbeda dari pasar global. Drone merk DJI terbaru di Indonesia versi standar bisa Anda beli dengan harga Rp 11.9 juta rupiah. Untuk harga tersebut Anda akan mendapatkan satu drone DJI Mavic Air 2, baterai, controller, dan semua kabel yang dibutuhkan.

Sementara itu untuk versi mahalnya, drone DJI Mavic Air 2 dijual dengan harga Rp 15.9 juta rupiah yang terdiri dari semua komponen yang ada di versi standarnya, ditambah dengan satu buah tas baju, filter ND, hub pengisian daya, serta tiga buah baterai.

Baca jugaPilihan Drone murah untuk pemula 2021

Berbicara lebih lanjut mengenai review DJI Mavic Air 2, drone ini ternyata sudah dibekali dengan sensor kamera super canggih dibanding seri pendahulunya. Sensor kamera DJI Mavic Air 2 diklaim sudah setara smartphone keluaran 2020. Ya, saat ini DJI sudah membekali drone barunya tersebut dengan sensor yang lebih besar, yakni berukuran 1/2 inch, Quad Bayer.

Resolusi & Kualitas Kamera DJI Mavic Air 2 

Kamera yang disematkan pada DJI Mavic Air 2 ada yang memiliki resolusi 48 MP dengan lensa 28 mm atau f/2.8. Secara default, drone baru merk DJI ini akan mampu menjepret gambar atau foto dengan resolusi 12 MP. Akan tetapi, pengguna juga masih bisa memilih untuk mengambil gambar dengan resolusi penuh hingga 48 MP. Tentunya resolusi kamera drone yang sebesar ini hanya bisa didapatkan jika Anda membeli DJI Mavic Air 2.

Lalu, bagaimana untuk urusan video? Tak perlu khawatir, drone DJI Mavic Air 2 memiliki fitur yang hampir digunakan di banyak drone yang ada saat ini. Artinya, DJI Mavic Air 2 akan mampu digunakan untuk mengambil video. Lihat saja, pada jeroan DJI Mavic Air 2 sudah ada teknologi video yang super canggih.

Kemampuan video DJI Mavic Air 2 diantaranya, mengambil video 4K pada 60 fps, kemampuan rekam video HDR hingga 4K di 30 fps, dan HDR panorama photos. Tidak sampai disitu saja, merk drone DJI ini ternyata juga mampu mengambil video 8K Time-Lapse. Canggih banget, kan?

Lantas, Bagaimana Fitur Keamanan DJI Mavic Air 2?

Tenang, developer DJI ternyata sudah membekali drone barunya tersebut dengan berbagai fitur keamanan kelas atas. Jangan heran kalau sistem keamanan pada drone DJI Mavic Air 2 digadang – gadang tidak akan mampu dibajak hacker. Tidak sama seperti drone lainnya, DJI Mavic Air 2 memiliki keamanan untuk tidak menimbulkan kecelakan maupun insiden fisik lainnya.

Fitur AirSense

AirSense adalah salah satu fitur keamanan canggih yang paling diunggulkan pada DJI Mavic Air 2. Melalui fitur inilah, drone buatan DJI tersebut akan mampu memberikan notifikasi bagi penggunanya apabila mendeteksi ada wahana terbang lainnya di sekitar drone. Tidak hanya itu, fitur AirSense yang disematkan pada DJI Mavic Air 2 akan menerima sinyal yang disebut dengan ADS-B dari pesawat terbang maupun helikopter.

Lalu sistem ini akan bekerja dengan menampilkan pesawat terbang atau helikopter tersebut pada layar controller yang sedang Anda kendalikan kala itu. Lewat sistem inilah, Anda sebagai pengguna akan mengetahui apa ada pesawat terbang atau helikopter lain di sekitar drone. Jika memang ada, maka Anda bisa segera menjauhi area tersebut sehingga insiden pun bisa terhindarkan.

Perlu diketahui, drone DJI Mavic Air 2 sendiri merupakan jenis drone komersil pertama yang dilengkapi dengan fitur AirSense. Selain itu, masih ada beberapa sensor keamanan canggih paa drone DJI Mavic Air 2. Kesemua sensor tersebut diletakkan di bagian depan, belakang, dan bawah drone. Sensor canggih pada DJI Mavic Air 2 akan memberikan notifikasi jika drone terlalu dekat dengan objek lain.

Fitur Konektifitas WiFi pada frekuensi Berbeda

Hal lain yang membedakan drone DJI Mavic Air 2 dengan produk drone lawas milik DJI adalah DJI Mavic Air 2 tidak menggunakan WiFi konvensional. Diketahui, ketika Anda akan mengontrol sebuah drone, biasanya Anda masih harus memanfaatkan jaringan WiFi pada frekuensi 2.4 GHz dan 5.0 GHz. Sayangnya, frekuensi tersebut dianggap cukup ramai oleh DJI, sehingga mereka mengklaim jika sebuah drone dikontrol menggunakan frekuensi tersebut maka akan menemukan banyak kendala.

Makanya, untuk menghadapi masalah tersebut DJI memutuskan untuk menggantikan frekuensi WiFi konvensional dan menggantinya dengan frekuensi 2.4 GHz dan 5.8 GHz. Tujuannya tidak lain agar pengguna bisa lebih mudah dan praktis ketika mengontrol drone. Lewat frekuensi inilah Anda tidak akan mendapati masalah bentrokan frekuensi. DJI menyebut bahwa teknologi nirkabel tersebut sebagai OccuSync.

Seperti yang sudah kami sebutkan di awal, drone milik DJI terbaru 2020 ini akan mampu terbang dalam waktu cukup lama. Pastinya yang demikian bukan tanpa alasan, DJI Mavic Air 2 sudah dibekali dengan kemampuan baterai yang meningkat dari generasi sebelumnya. Kini drone DJI Mavic Air 2 bisa terbang selama 34 menit dan baterainya sendiri sebesar 3.500 mAh.

Kemampuan terbang yang dimiliki drone DJI Mavic Air 2 ternyata meningkat cukup jauh dibandingkan dengan DJI Mavic Air generasi pertama. Dimana generasi sebelumnya hanya memiliki kemampuan terbang selama 21 menit dalam satu kali charge penuh. Tidak sampai disitu saja, DJI Mavic Air 2 juga memiliki jangkauan maksimal hingga 10 km.

Nah, itu dia review DJI Mavic Air 2, drone terbaik bisa terbang 34 menit. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here