Perbedaan proyektor LCD dan DLP, Bagus yang mana ?!

2
views

Harus beli proyektor LCD atau DLP penjelasannya  Tidak sedikit orang yang masih bingung dengan perbedaan proyektor antara LCD dan DLP. Meskipun secara umum mempunyai fungsi yang sama, namun teknologi yang digunakan ternyata berbeda.

Saat ini ada banyak sekali varian proyektor yang beredar di pasaran dan jumlah nya terus bertambah yang tentunya dapat membuat orang awam menjadi bingung.

Baik teknologi LCD atau DLP, keduanya masih digunakan oleh banyak produsen karena masing-masing memiliki keunggulan tersendiri.

Jika anda ingin membeli sebuah proyektor baru, maka sebaiknya ketahui dahulu spesifikasi nya agar tidak sampai salah pilih.

Baca juga : Pilihan Proyektor  Harga 4 jutaan

Perbedaan proyektor LCD dan DLP

Perlu anda ketahui bahwa kedua teknologi ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1980an. Teknologi Digital Light Processing atau DLP merupakan sistem proyektor yang diciptakan pertama kali oleh Dr. Larry Hornbeck of Texas Instruments tahun 1987.

Sedangkan teknologi Liquid Crystal Dysplay atau LCD merupakan sistem proyektor yang pertama kali digunakan oleh produsen EPSON pada tahun 1989.

Kedua teknologi tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri, karena itu tidak heran jika sampai saat ini banyak produsen yang masih menggunakan keduanya.

Jika anda lebih suka dengan proyektor ukuran mini, maka proyektor DLP bisa menjadi pilihan yang tepat. Ukuran fisik Proyektor DLP pada umumnya jauh lebih kecil dari yang proyektor LCD.

Proyektor yang menggunakan teknologi LCD biasanya memiliki ukuran bodi yang lebih besar karena terdapat lebih banyak komponen yang cukup memakan tempat.

Dari sisi kinerja nya juga sangat berbeda, jika anda berencana membeli proyektor untuk kebutuhan nonton video maka teknologi DLP jauh lebih bagus.

Seperti kita ketahui bahwa untuk bisa mengukur kualitas video tidak hanya dari ketajaman warna dan kontras nya saja. Frame rate atau FPS juga sangat mempengaruhi kinerjanya terutama saat menampilkan video dengan gerakan objek yang sangat cepat.

Proyektor yang menggunakan teknologi DLP mampu menampilkan video dengan lebih mulus dari yang LCD. Karena biasanya proyektor LCD sering terjadi delay saat pemutaran video yang mengakibatkan gambar menjadi terputus-putus.

LCD vs DLP – Teknologi

Proyektor DLP menggunakan perangkat cermin digital yang juga disebut chip DLP. Ada dua jenis proyektor DLP – DLP chip tunggal dan DLP 3 chip. Keuntungan utama dari teknologi DLP adalah chipnya tertutup yang berarti proyektor tidak memiliki filter di dalamnya. Dalam hal ukuran, proyektor DLP chip tunggal adalah proyektor terkecil.

Teknologi LCD di sisi lain, adalah teknologi yang lebih mapan yang diterapkan pada proyektor untuk pertama kalinya. Proyektor LCD menggunakan chip kristal cair di dalam proyektor yang menghasilkan semua warna. Microdisplays LCD bersifat transmisif di mana cahaya harus melewati bagian belakang panel display. Ini serupa dengan televisi LCD panel datar yang menggunakan LED atau lampu latar fluoresen yang terletak di belakang panel layar transmisifnya.

 

Tabel perbandingan Teknologi proyektor

Parameter DLP LCD
Prinsip Kerja Terdiri dari chip dengan permukaan reflektif yang memiliki 1.000 cermin kecil yang dikoordinasikan dengan sumber cahaya untuk memantulkan citra digital ke permukaan apa pun. Cahaya diproyeksikan ke cermin dan dibagi menjadi 3 warna utama: merah, hijau dan biru. Warna kemudian melewati 3 prisma terpisah, dengan warna berkumpul melalui prisma ke-2 untuk diproyeksikan di layar.
Keuntungan -Video lebih
halus
-Kotak kecil -Piksel kurang terlihat
-Visi seperti film di HDTV -Menghasilkan
kulit hitam yang lebih hitam
-Kontras lebih tinggi
-Portable
Dinamika warna yang lebih kaya dalam –Cahaya sekitar
-Kurang daya
-Membuang lebih sedikit panas
-Tidak ada efek pelangi
-Lebih
tenang -Gambar yang lebih tajam pada data
Kekurangan Beberapa efek pelangi
Lebih banyak bagian yang bergerak
Menghasilkan suara rengekan
Merah yang lebih buruk, kuning pada daya penuh
Saturasi warna
Lebih banyak lumen daripada LCD dengan cahaya sekitar
Piksel lebih terlihat
Beberapa efek pintu layar pada gambar video tertentu
Lebih besar – bahkan untuk lumen yang sama
Kontras lebih buruk
Hitam abu-abu lebih terang daripada di DL
Kualitas gambar Kualitas gambar bagus, tapi lebih buruk dari proyektor LCD Gambar lebih tajam; kualitas gambar yang lebih baik daripada proyektor DLP
Kontras Lebih tinggi dari LCD Lebih rendah dari DLP
Portabilitas Lebih kecil, Lebih Ringan, Mudah dibawa-bawa Bulkier, Sangat tidak nyaman untuk portabilitas
Sumber cahaya LED atau Lampu Standar Lampu standar
Jenis Teknologi Reflektif Transmisif
Tahun penemuan 1987 1968
Efek Pelangi Iya Tidak

sumber tabel : https://www.ooberpad.com/blogs/audio-video-tips/dlp-vs-lcd-projectors-whats-the-difference

 

Pilih yang mana ?

Karena setiap orang menggunakan proyektor dengan kebutuhan yang berbeda-beda, maka hanya anda sendiri yang bisa menentukannya.

Proyektor LCD umumnya mempunyai fisik yang lebih besar dan berat, karena itu lebih cocok untuk model tanam dalam satu ruangan saja.

Sedangkan proyektor DLP mempunyai ukuran yang lebih kecil dari proyektor LCD. Beberapa merk proyektor DLP bahkan sudah memiliki ukuran yang sangat kecil. Ukurannya bisa menyamai ukuran smartphone yang bisa anda masukkan kedalam saku celana.

Proyektor DLP lebih cocok untuk anda gunakan secara portabel karena ukurannya yang kecil dan ringan.

Dari segi harga, tentunya proyektor jenis DLP memiliki harga jual yang jauh lebih murah dari yang LCD. Seperti yang bisa anda lihat sendiri di pasaran bahwa, proyektor DLP memiliki harga jual yang sangat terjangkau.

Untuk kebutuhan menonton film terutama dengan gerakan gambar yang cepat, proyektor DLP bisa menjadi pilihan yang tepat. Tampilan visualnya akan terlihat jauh lebih mulus terutama saat memutar film yang bergenre live action.

 

Review Tentang Perbedaan Produk

Hal ini tentu berbeda sekali dengan proyektor LCD yang terkadang muncul delay sehingga gerakannya dapat terlihat terputus-putus. Sedangkan untuk kebutuhan presentasi seperti untuk tampilan desain grafis maka proyektor LCD lebih cocok untuk anda beli ketimbang yang DLP. Proyektor LCD memiliki kelebihan pada sisi tampilan warna yang lebih tajam dan Efisiensi Listrik yang cenderung lebih hemat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here