Cara Merawat Proyektor Supaya Awet dan Tidak Rusak

2
views

Tips Merawat Proyektor – Bagaimana cara merawat proyektor supaya umur pakai nya lebih lama dan tidak cepat rusak ? Meskipun proyektor termasuk barang elektronik yang pada akhirnya juga akan rusak, namun sebagai pengguna tentunya kita tidak ingin barang tersebut rusak sebelum waktunya.

Seperti yang sudah banyak orang ketahui bahwa proyektor termasuk hardware yang mudah mengalami kerusakan. Terutama jika pengguna nya tidak tahu cara memakainya yang benar dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga :
Pilihan Proyektor Terbaik Untuk Sekolahan
Review Proyektor Epson Terbaik Murah

Karena itu kita perlu mengetahui hal-hal apa saja yang perlu dihindari agar proyektor bisa mempunyai umur yang lebih panjang.

Nah, berikut ini beberapa tips cara merawat proyektor yang bisa anda coba agar umur pakai nya bisa lebih lama.

Cara merawat proyektor supaya awet dan tidak mudah rusak

Tips saat penggunaan proyektor

 

1. Beri jeda waktu yang cukup ketika ingin menyalakan kembali

Pada umumnya proyektor membutuhkan waktu hingga beberapa menit ketika ingin melakukan restart. Karena itu janganlah anda mematikan dan menyalakan proyektor terlalu cepat.

Beri jeda waktu beberapa saat dan akan lebih baik lagi jika anda menyalakan dan mematikan dengan menggunakan remote bawaan proyektor.

Saat sudah mematikan proyektor janganlah langsung mencabut kabel powernya karena dalam jangka panjang bisa merusak komponen proyektor itu sendiri. Berilah waktu yang cukup hingga kipas pendingin nya sudah mati total, barulah anda boleh mencabut kabel powernya.

 

2. Jangan biarkan proyektor dalam suhu terlalu panas

Dengan memperhatikan tempat penyimpanan proyektor yang benar maka dapat membuat proyektor tersebut bisa lebih awet.

Jangan menyimpan proyektor pada tempat yang panas, seperti terjemur sinar matahari langsung dari jendela ruangan. Simpanlah proyektor dalam tempat yang bersih, kering dan sejuk. Dengan demikian komponen-komponen yang ada didalam proyektor bisa terlindungi dan mempunyai umur pakai lebih lama.

 

3. Jangan menggeser proyektor ketika sedang menyala

Usahakan sebisa mungkin agar proyektor yang sedang menyala tidak mengalami getaran atau tidak digeser sama sekali. Perlu anda ketahui bahwa bola lampu yang ada di proyektor ketika sedang menyala akan sensitif sekali terhadap getaran yang bisa menyebabkan kerusakan fatal.

Jika ingin memindahkan proyektor meskipun hanya beberapa centi saja sebaiknya tetap matikan dahulu proyektor nya barulah anda bisa memindahkan ke posisi yang di inginkan.

 

4. Pilih Ruangan ber-AC

Pada umumnya semua proyektor modern sekarang sudah mempunyai sistem pendingin bawaan yang cukup bagus. Namun jika anda berniat untuk memakai nya dalam waktu yang sangat lama, maka sebaiknya nyalakan AC agar bisa membantu mendinginkan mesin.

Aliran udara pada ruangan yang ber-ac dapat membantu mendinginkan proyektor sehingga komponennya tidak akan mengalami overheat.

Seperti kita ketahui sekarang bahwa penggunaan proyektor sekarang tidak hanya untuk presentasi saja. Melainkan untuk kegiatan nonton film atau bermain game yang penggunaannya bisa memakan waktu seharian.

 

5. Rajin membersihkan filter proyektor

Pada dasarnya semua barang elektronik juga perlu dibersihkan secara teratur agar komponennya tidak ada yang terkena debu.

Dengan membersihkan proyektor secara teratur terutama sebelum dipakai, maka dapat mencegah debu agar tidak masuk ke bagian dalam komponen sensitif yang dapat menyebabkan kerusakan.

Saat proyektor menyala, filter akan menyaring debu agar tidak mengenai komponen-komponen penting yang dapat merusak proyektor.

Apabila anda tidak rajin membersihkan filternya, maka proyektor lambat laun akan penuh dengan debu yang dapat memperpendek umur pakai nya.

Debu yang menumpuk itu akan menyebabkan proyektor menjadi lebih cepat panas saat menyala. Untuk menghindari hal itu terjadi, anda bisa gunakan mesin sedot debu agar filter proyektor selalu dalam keadaan bersih.

Contoh video pembersihan filter di Proyektor Epson

Langkah-langkah di atas wajib diperhatikan jika Anda ingin perangkat proyektor Anda dapat bertahan lama dalam pemakaiannya, selain itu juga dengan cara-cara diatas proyektor Anda tidak akan terlalu memaksa dalam bekerja sehingga durasi masa guna proyektor berkurang hanya dalam kapasitas kecil saja

Tetapi,ada 1 hal yang tidak bisa dipungkiri dalam kerusakan proyektor yaitu masa waktu pakai pada lampu/dop yang ada didalam telah disetel dengan jangkwa waktu tertentu dan seiring pemakaian akan habis dan menyebakan lampu redup, Sekian ulasan yang bisa dibuat carispesifikasi.com mengenai tutorial langkah merawat proyektor agar awet dan tidak cepat rusak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here